Chitika

Jumat, 29 Oktober 2010

Khalifah Utsman yang Dituduh Nepotis

Mari kita lihat 'ramalan' Umar bin Khaththab. Tatkala Ali menolak mengikuti peraturan-peraturan dan keputusan-keputusan Abu Bakar dan Umar, dalam pertemuan anggota Syura, Utsman justru sebaliknya. Ia berjanji menaati peraturan dan keputusan Abu Bakar dan Umar.43 Ia menjadi khalifah tanggal 1 Muharam tahun 24 H pada umur 79 tahun dan meninggal dibunuh tanggal 18 Dzulhijjah tahun 35 H/ 17 Juni 656 M.

Pemerintahannya dianggap nepotis oleh banyak kalangan. Misalnya, ia mengangkat anggota keluarganya, yang bernama Marwan anak Hakam Ibnu 'Abi'l Ash yang telah diusir Rasul saw dari Madinah kerana telah bertindak sebagai mata-mata musuh. Utsman membolehkan ia kembali dan mengangkatnya menjadi Sekretaris Negara. Ia memperluas wilayah kekuasaan Mu'awiyah, yang mula-mula hanya kota Damaskus, sekarang ditambah dengan Palestina, Yordania dan Libanon. Ia memecat gubernur-gubernur yang ditunjuk Umar dan menggantinya dengan keluarganya yang Thulaqa44, ada di antaranya yang pernah murtad dan disuruh bunuh oleh Rasul, dilaknat Rasul, penghina Rasul dan pemabuk. Ia mengganti gubernur Kufah Sa'd bin Abi Waqqash dengan Walid bin 'Uqbah bin Abi Mu'aith, saudara seibu dengannya. Walid disebut sebagai munafik dalam Al-Qur'an.

Ali, Thalhah dan Zubair, tatkala Utsman mengangkat Walid bin 'Uqbah jadi gubernur Kufah, menegur Utsman: "Bukankah Umar telah mewasiatkan kepadamu agar jangan sekali-kali mengangkat keluarga Abi Waith dan Banu 'Umayyah untuk memerintah umat?" Dan Utsman tidak menjawab sama sekali'.45

Walid adalah seorang pemabuk dan penghambur wang negara. Utsman juga mengganti gubernur Mesir 'Amr bin 'Ash dengan Abdullah bin Sa'id bin Sarh, seorang yang pernah disuruh bunuh Rasul saw kerana menghujat Rasul. Di Bashrah ia mengangkat Abdullah bin Amir, seorang yang terkenal sebagai munafik.

Utsman juga dituduh telah menghambur-hamburkan wang negara kepada keluarga dan para gubernur Banu 'Umayyah' yaitu orang-orang yang disebut oleh para sejarahwan sebagai tak bermoral (fujur), pemabuk (shahibu 'l-khumur), tersesat (fasiq), malah terlaknat oleh Rasul saw (la'in) atau tiada berguna ('abats). Ia menolak kritik-kritik para sahabat yang terkenal jujur. Malah ia membiarkan pegawainya memukul saksi seperti Abdullah bin Mas'ud, pemegang baitul mal di Kufah sehingga menimbulkan kemarahan Banu Hudzail.

Ia juga membiarkan pemukulan 'Ammir bin Yasir sehingga mematahkan rusuknya dan menimbulkan kemarahan Banu Makhzum dan Banu Zuhrah. Ia juga menulis surat kepada penguasa di Mesir agar membunuh Muhammad bin Abu Bakar. Meskipun tidak sampai terlaksana, tetapi menimbulkan kemarahan Banu Taim.

Ia membuang Abu Dzarr al-Ghifari --pemrotes ketidakadilan dan penyalahgunaan wang negara- ke Rabdzah dan menimbulkan kemarahan keluarga Ghifari. Para demonstran datang dari segala penjuru, seperti Mesir, Kufah, Bashrah dan bergabung dengan yang di Madinah yang mengepung rumahnya selama 40 hari46 yang menuntut agar Utsman memecat Marwan yang tidak hendak dipenuhi Utsman. Tatkala diingatkan bahwa wang Baitul Mal adalah milik umat yang harus dikeluarkan berdasarkan hukum syariat seperti sebelumnya oleh 'Abu Bakar dan Umar ia mengatakan bahwa ia harus mempererat silaturahmi dengan keluarganya. Ia mengatakan: "Akulah yang memberi dan akulah yang tidak memberi. Akulah yang membagi wang sesukaku!".47

Utsman memberikan kebun Fadak kepada Marwan, yang tidak hendak diberikan Abu Bakar kepada Fathimah yang akan dibicarakan di bagian lain.

Memerlukan beberapa buku tersendiri untuk menulis penyalahgunaan 'wang negara' oleh para penguasa dan 'politisi' pada masa itu sedang sebagian besar sahabat dan anggota masyarakat hidup kekurangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar